10 Cara Mengatasi Flu Tanpa Harus ke Dokter


Musim penghujan merupakan saat yang rentan untuk kamu terkena flu. Penyakit flu ini jangan kamu anggap enteng ya! Meski bukan jenis penyakit berat, tetapi flu sangat mengganggu tubuh dan aktivitas. Ketika hal itu terjadi, tubuh akan menjadi mudah lelah dan tidak fokus. Pilihannya tinggal kamu istirahat atau kamu berobat ke dokter.

Jika kamu terkena flu, berikut 10 cara untuk mengatasi flu tanpa harus ke dokter.

  1. Banyak minum air putih

Air putih mempunyai segudang manfaat, salah satunya dapat membantu mengobati penyakit flu atau pilek. Usahakan minum air putih minimal 8 gelas/hari. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.

  1. Mengkonsumsi minuman hangat

Kalau air putih masih belum bisa mengurangi flu, kamu juga bisa mengkonsumsi minuman hangat seperti, air putih hangat, air teh hangat, atau air jeruk hangat. Mengapa harus hangat?

Karena cairan hangat dapat membantu mengurangi hidung tersumbat, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir. So, jika kamu flu, segeralah minum minuman hangat ya!

  1. Beristirahat

Kondisi tubuh yang lelah juga merupakan salah satu penyebab kamu terkena flu. Ketika kekebalan tubuh melemah, flu akan mudah menyerang imun tubuh. So, sangat disarankan untuk melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh kembali normal.

  1. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Ketika kondisi tubuh melemah akibat terserang flu, konsumsi buah dan sayuran bisa mengembalikan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin dan gizi yang terdapat pada buah dan sayur akan mengembalikan daya tahan tubuh menjadi normal. So, perbanyak makan sayur dan buah ya!

  1. Terapi uap tradisional

Ketika kondisi flu kamu semakin parah, terapi uap bisa menjadi cara ampuh berikutnya untuk mengurangi virus flu. Terapi uap merupakan salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengatasi flu. Caranya masukan air panas ke dalam baskom, Gunakan handuk menutupi kepala, lalu tempatkan wajah anda di atas baskom tersebut. Agar hasilnya lebih optimal, kamu bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya ke dalam air hangat.

  1. Berkumur

Berkumur bisa menjadi salah satu solusi saat flu menyerang. Mengapa harus berkumur? Tujuannya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam. Atau kalau mau lebih praktis, berkumurlah dengan cairan khusus untuk berkumur yang banyak beredar di pasaran.

  1. Menghirup aroma minyak kayu putih

Menghirup aroma yang menyegarkan dan melegakan pernapasan dapat meringankan flu. Oleskan minyak kayu putih di lubang hidung dan hirup aromanya dalam-dalam. Oleskan juga pada dada dan leher. Efek hangat yang ditimbulkannya dapat mengurangi perasaan tak nyaman karena flu.

  1. Mandi dengan air hangat

Saat anda mengalami flu, usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Kalau kamu sedang flu, mandi menggunakan air hangat jauh lebih bagus. Tujuannya untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. Selain itu, hindari minuman atau makanan yang mengandung es.

  1. Konsumsi rempah-rempah yang hangat

Mengkonsumsi rempah-rempah yang hangat juga bisa mengatasi flu kamu yang makin parah. Rempah-rempah seperti kencur, jahe, kemangi, dan sereh direbus dengan air secukupnya, tambahkan gula aren atau madu, lalu minum air rebusannya. Minumnya jangan cuma sekali ya! Minumlah sampai flu di badan kamu menghilang.

  1. Minum madu dan air hangat

Kalau kamu susah mencari rempah-rempah atau tidak suka minuman rempah karena rasanya kurang menyenangkan di lidah, kamu bisa minum air hangat yang dicampur dengan madu. Selain rasanya yang manis dan enak, madu bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk flu atau pilek. So, saat flu jangan lupa minum air madu hangat tiga kali sehari ya, agar khasiatnya lebih terasa.

Flu itu pada dasarnya adalah menjaga pola hidup, pola makan. Ketika pola hidup dan pola makan kamu benar maka virus apapun tidak akan mudah menyerang tubuh. Kamu juga tidak perlu panik ketika terkena flu. Pergi ke dokter atau minum obat adalah cara terakhir kalau flu kamu tak kunjung sembuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll Up